Curug Cikaso Dan10 Wisata Air Terjun Sukabumi Terindah 2018

Curug Cikaso dan10 Wisata Air Terjun Sukabumi Terindah 2018- Hal yang menarik dari kota Sukabumi adalah tempat wisata yang banyak dan asri (masih asli tanpa buatan manusia) mungkin karena sukabumi berada letak di geografis yang masih belum banyak yang terjamah oleh manusia, sehingga tempat yang menjadi destinasi wisata disana masih sangat melekat keindahan alamnya.

Namun yang paling menarik tempat wisata disana adalah air terjun sukabumi. Yah disana banyak sekali air terjun yang masih asli dan indah, bahkan sekarang pemerintah kota Sukabumi memberikan suntikan dana besar besaran untuk jalur akses kesana. Dan sekarang anda tidak perlu hawatir karena kendaraan anda bisa langsung sampai ke tempat tujuan dengan nyaman. sampai saat ini sukabumi menjadi sorotan mancanegara, turis turis asing banyak yang mengunjungi air terjun yang ada di kota sukabumi.

Selain jalur akses yang sudah di renovasi agar kendaraan bisa sampai kesana, air terjun di kota sukabumi ini sangatlah unik karena semua air terjun disana tidaklah sangat jauh. bahkan dari satu air terjun ketempat air terjun yang lainnya paling memakan waktu setenngah jam. kalau anda tidak percaya maka coba saja datang kesana dan rasakan sendiri keindahan alam yang asri nan indah.

Berikut 10 air terjun yang ada di kota sukabumi yang paling sering di kunjungi karena keindahan nya.

 

AIR TERJUN (CURUG) CIKASO

Yang pertama adalah curug cikaso curug yang satu ini menjadi curug yang paling diminati oleh para pencinta air terjun atau curug.Kenapa? karena kalau anda ingin pergi ke kota Sukabumi dan ingin melihat air terjun atau curug aya ada di sana pasti anda sebelum melihat air terjun yang lain pasti melewati curuh ini terlebih dahulu, yah itupun juga kalau anda ingin berhenti disini. Namun menurut saya sangat sayang kalau anda tidak berhenti sejenak melepaskan penat berkendara di mobil untuk meregangkan oto sambil menikmati keindahan air terjun atau curug ini.

Air terjun Cikaso berada di kampung Ciniti, kecamatan Cibitung-Jampang Kulon, sekitar 70 Km dari pelabuhan Ratu. Air terjun ini sebenarnya bernama Curug Ciniti yakni nama kampung tersebut. Namun, air terjun ini dilewati oleh Sungai Cikaso sehingga masyarakat lebih sering menyebutnya Curug Cikaso.

Bagi anda yang ingin berenang disini juga bisa karena curug ini memiliki sungai yang sangat panjang jadi kalian bisa berenang disana dan merasakan dinginnya air tersebut. atau ingin mandi di bawah air tersebut juga boleh hanya saja harus berhati hati, karena air yang terjun kesana sangatlah deras sehingga berbahaya.

untuk memasuki tempat kalian tidak perlu bayar aslia gratis. Namun jika anda ingin memakai perahu untuk sampai kesana yah anda harus bayar 80.000 (pulang pergi). kalau menurut saya mendingan jalan kaki saja karena tidak jauh juga. Tapi kalau ingin melihat lihat dan ingin tahu panjang nya sungai tersebut anda harus memakai perahu.

Disana terdapat 3 air terjun dan namanya berbeda beda. untuk yang sebelah kiri dinamakan curug asepan. kalau yang tengah di sebut curug meong, dan yang satunya lagi adalah curug aki. semuanya berdekatan namun saya tidak tahu kenapa disebut seperti itu.

 

AIR TERJUN (CURUG) CIKANTEH

 

Yang selanjutnya adalah air terjun (curug) cikanteh. Seperti yang sudah saya bilang air tejun yang satu ini tidak jauh dari curug cikaso, untk sanpai kesana hanya menempuh jarak 10 km. dengan memakai kendaraan dan jalan yang sudah seperti jalan tol tidaklah jauh untuk sampai kesana.

Air tersjun yang satu ini juga memiliki 3 jurug dengan nama yang berbeda beda di mulai yang paling atas adalah air terjun Cikanteh, dan kebawahnya adalah air terjun Ngelai, dan yang satunya lagi adalah air terjun Sodong. air terjun yang satu ini juga sangat fantastis besar dan ditambah udara yang amat dingin. bagi yang ingin kesini mendingan anda pakai baju tebal atau jaket.

Untuk bisa memasuki air terjun cikanteh ini anda harus mengeluarkan uang untuk membeli tiket. Dan harga tiketnya adalah Rp. 30.000 per orang yah masih standar lah untuk keindahannya terbayar lunas.

Ketinggian curug ini 60 meter dan kalau kalian ingin berenang disini bisa ko. Karena, disini ada penjaga jadi kalau ada apa apa ada penjaga yang siaga disana. tapi saya sarankan tetap berhati hati. seperti pepatah air tenang tapi bisa menghanyutkan.

 

AIR TERJUN (CURUG) CIBEREUM

Air terjun Cibereum ini atau di sebut juga legenda air mereah ini sangat diketahui oleh para pendaki. karena. air terjun ini adalah jalan akses menuju gunung pangrango.

Ketinggian yang dimiliki air terjun ini adalah 60 meter. mantap bukan main air yang satu ini merupakan surganya bagi para pendaki untuk sekedar istirahat menghilangkan rasa letik untuk menaiki gunung pangrango. jarak tempuh dari air terjun sebelumya adalah 10 km. namun tetap saja jika sampai disana rasa letih dalam perjalanan akar terbayar sudah

Untuk tiket masuknya hanya Rp. 18.500 per orang cukup murah karena di tempat ini masih dalam tahap pemberesan sarana dan prasarana terutama akses jalannya.

 

AIR TERJUN (CURUG) CIMARINJUNG

Air terjun ini tak kalah menarik nya untuk kita kunjungi karena indahnya dan warna asli dari bebatuan yang bikin kita terlena di buatnya. Air terjun ini berlokasi di Desa Ciwaru, kawasan Geopark Ciletuh. Curug ini memiliki ketinggian 45 meter dan dilewati oleh Sungai Cimarinjung.

Debit airnya pun sangat besar karena curug ini berada di tengah lereng perbukitan batuan tertua di pulau Jawa. Sayangnya, kawasan wisata ini kurang cocok jika dijadikan wisata keluarga. Hal ini dikarenakan kurang lengkapnya fasilitas pendukung seperti buruknya akses jalan, belum dibuka penginapan dan belum ada warung makanan atau souvenir.

Ketinggian air terjun ini 15 meter namun banyak hal unik dan sejarah nya loh. dana bagi para pendaki tempat ini sangat cocok namun tetap harus berhati hati karena tempat ini jauh dari lokasi penduduk atau bisa di sebut masih perawan belum terjamah.

 

AIR TERJUN (CURUG) CIGANGSA

 

AIR TERJUN (CURUG) AWANG

AIR TERJUN (CURUG) SAWER

7 thoughts on “Curug Cikaso Dan10 Wisata Air Terjun Sukabumi Terindah 2018

Leave a Comment

%d bloggers like this: