Tips Cara Membuat Kerupuk Bulat Semi Komputer

Tips Cara Membuat Kerupuk Bulat Semi Komputer- Hal pertama yang harus kita siapkan dalam proses membuat kerupuk bulat semi komputer adalah keberanian kita dalam menjalankannya. kenapa demikian?, satu hal yang perlu kalian ketahui banyak orang yang mencoba dalam bisnis ini namun tidak bisa bertahan lama. ada juga yang bertahan lama di karnakan modal yang tinggi namun gterus saja mengambang atau bahkan merosot.

Maka KEBERANIAN adalah modal pertama kita dalam artian kuatkan tekad kalian dalam fokus pada inti permasalahn dalam pembuatan kerupuk bulat ini.

 

sedikit sentuhan music biar kalian tidak jenuh, karena banyak tips nya dan mungkin saya tidak bisa menulis semuanya disini. akan tetapi, saya bisa menyarankan atau merujukan kalian kepada produsen yang saat ini melakukan bisnis nya dengan benar.

Langkah Langkah Dalam Membuat Kerupuk Bulat Semi Komputer

sebelum membuat kerupuk anda harus mempunyai mesin mesin yang termasuk dalam pembuatan kerupuk terlebih dahulu.

Mesin Kerupuk Bulat Semi Komputer

mesin kerupuk

Kenapa di bilang mesin kerupuk semi komputer?. Karena mesin ini otomatis membuat sendiri kerupuk tersebut yang kita kenal babanggi (proses sebelum menjadi kerupuk). Mesin yang satu ini mengompres adonan dan menghasilkan babanggi yang jauh lebih baik dan banyak ketimbang dengan cara manual atau oleh tangan manusia. kalau yang masih menggunakan tangan manusia itu kan keluar nya satu satu dan kita harus memutar mutar tangan kita agar menjadi babanggi bulat. Nah kalau yang semi komputer kita hanya perlu menunggu saja dia keluar dan kita hanya tinggal membawa yang sudah jadi. dan keluarnya babanggi dari mesin ini itu berjumlah 30 biji. Otomatis efisien waktu dan pengeluaran bisa kita minimkan.

adonan di masukan kedalam mesin tersebut dan hasilnya tampak seperti pada gambar diatas

bagaimana dengan kelistrikannya? maka dari itu sebelum anda membeli mesin pembuatan kerupuk alangkah baik nya anda juga mencoba bertanya kepada yang sudah ahli atau maju di bidangnya, kalau saya menyarankan anda bisa pergi ke kota sukabumi dan melihat sendiri mesin mesin kerupuk.

Dan kalau saya boleh sarankan anda untuk bertanya ke pabrik Setia Rasa kerupuk. disana anda akan di jelaskan mesin mesin yang baik untuk anda. bahkan disana ada yang sudah full komputer, dalam artian pengerjaannya semuanya dilakukan oleh komputer. anda bisa juga melihatnya di WWW.SETIARASA.COM

Selain mesin pembuat babanggi juga ada mesin uap untuk mengukus babanggi menjadi matang. mesin yang satu ini lumayan mahal namun anda juga bisa membuatnya. akan tetapi keamanan dan kualitasnya belum teruji. maka saya menyarankan yang sudah benar benar bagus dalam artian yang sering di pakai oleh kebanyakan pabrik pabrik. karena keselamatan yang paling utama.

mesin ini mengandalkan kayu bakar, dan masih banyak lagi ada yang memakai batu bara namun menurut saya lebih baik kayu bakar karena lebih irit.

dan perlu satu hal lagi yang harus kalian punya yaitu mesin pengering dan mesin oven

mesin ini wajib kalian punya karena mesin yang satu ini bertujuan agar babanggi yang akan kita goreng menjadi lebih baik, karena semakin kering babanggi yang akan kita goreng menjadi kerupuk, maka sebakin bagus juga hasilnya.

kalau yang satu ini mesin oven kalian tidak wajib punya sih karena mesin ini hanya bertujuan ketika panas matahari tidak ada maka alternatifnya yah di oven agar babanggi yang sudah matang itu bisa cepat kering.

bahan Membuat kerupuk Bulat

bahan bahan dalam pembuatan kerupuk bulat terdiri dari

  • tepung terigu kualitas no 1 cap 222
  • ikan asli jangan ikan kimia
  • tepung jagung (gaplek)
  • bumbu bumbu atau resep ciri khas

 

untuk bumbu atau resepnya tidak mudah anda mesti meracik sendiri karena setiap pabrik berbeda beda resep. namun sebenarnya sama hanya saja bahannya jarang memakai kualitas no satu.

alangkah baiknya anda menggunakan setiap bahan itu no 1. dan anda bis amempelajarinya di pabrik kerupuk setia rasa. karena setelah saya mencoba melihat lihat ke pabrik pabrik yang ada. sebagian besar mereka memakai bahan bahan yang no 2 bahkan kurang. dan saya mencoba melihat di pabrik setia rasa dan alhasil saya menemukan barang barang yang kualitasnya no 1 dan itu saya mengeceknya sendiri.

Cara Membuat kerupuk

  • adonan yang sudah siap dimasukan kedalam mesin pembuat kerupuk.
  • setelah itu babanggi tersebut anda oven dengan mesin uap agar matang
  • setelah matang baru anda jemur dengan bantuan cahaya matahari
  • dan terakhir jika matahari tidak ada, alternatif nya anda masukan kedalam oven

mungkin hanya itu dan satu hal yang terpenting adalah keberanian dalam pembuatannya. Karena, modal yang di keluarkan itu sangatlah besar dan itu memerlukan keberanian.

Leave a Comment

%d bloggers like this: