Berita Sukabumi

Sony Hermanto Resmi Dilantik Jadi Ketua Kodrat Kota Sukabumi

9156
×

Sony Hermanto Resmi Dilantik Jadi Ketua Kodrat Kota Sukabumi

Sebarkan artikel ini
Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Kota Sukabumi
Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Kota Sukabumi

SUKABUMIKUĀ  – Sony Hermanto resmi terpilih menjadi Ketua Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Kota Sukabumi usai dilakukan pelantikan di Gedung Juang, Jalan Veteran II, Kecamatan Cikole Kota Sukabumi pada, Selasa (07/11/23).

Pelantikan tersebut dilakukan langsung oleh Sang Guru Tarung Derajat Achmad Dradjat atau yang biasa dipanggil Aa Boxer.

“Alhamdulillah hari ini kita resmi dilantik untuk kepengurusan Kodrat di Kota Sukabumi,” kata Ketua Kodrat Sony Hermanto kepada wartawan.

Lanjut dia, usai terpilih dirinya menargetkan Kodrat Kota Sukabumi dibentuk menjadi sebuah keluarga. Dimana, sesama anggota dan pengurus bersama – sama berpangku tangan untuk kemajuan organisasi ini.

“Prestasi yang lain saya rasa itu adalah bonus. Tapi bagaimana kita membentuk organisasi ini menjadi keluarga yang hangat dan bertumbuh satu sama lain,” paparnya.

Tidak hanya itu sambung dia, pihaknya dirinya pun akan segera menjalankan tugas organisasi dengan membentuk atlet – atlet olahraga seni bela diri asal Kota Sukabumi.

Selain itu Kodrat pun kedepan akan lebih menjalin sinergitas bersama Pemkot Sukabumi dalam hal pengembangan olahraga ini.

“Sebetulnya kita setiap hari minggu selalu melakukan kegiatan latihan bersama. Bahkan sekarang sudah banyak peserta baru untuk mengikuti olahraga ini,” paparnya.

Diketahui, Tarung Derajat adalah seni bela diri berasal dari Indonesia yang diciptakan oleh Achmad Dradjat. Ia mengembangkan teknik melalui pengalamannya bertarung di jalanan pada tahun 1960-an di Bandung.

Tarung Derajat secara resmi diakui sebagai olahraga nasional dan digunakan sebagai latihan bela diri dasar oleh TNI Angkatan Darat dan Brigade Mobil Polri.

Tarung Derajat dideklarasikan kelahirannya di Bandung pada 18 Juli 1972 oleh Achmad Dradjat yang biasa dipanggil Aa Boxer yang kini bergelar Sang Guru Tarung Derajat. “Box!” adalah salam persaudaraan di antara anggota Tarung Derajat. Tarung Derajat menekankan pada agresivitas serangan dalam memukul dan menendang. Namun, tidak terbatas pada teknik itu saja, bantingan, kuncian, dan sapuan kaki juga termasuk dalam metode pelatihannya. Tarung Derajat dijuluki sebagai “Boxer”. Praktisi Tarung Derajat disebut “Petarung”.

Sejak 1990-an, Tarung Derajat telah disempurnakan untuk olahraga. Pada tahun 1997, Tarung Derajat resmi menjadi anggota KONI Pusat ke 53 dengan kepengurusan bernama Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB. KODRAT).

Sejak itu, Tarung Derajat memiliki tempat di Pekan Olahraga Nasional. Keluarga Olahraga Tarung Derajat di tahun 2021 ini sudah berada di 22 provinsi di Indonesia. Setelah diperkenalkan pada 2011 SEA Games di Palembang, tetapi Tarung Derajat tidak disertakan pada SEA Games 2013 di Myanmar. (Ky)