Berita SukabumiSukabumi

Banjir Terjang Kecamatan Simpenan, Puluhan Rumah dan Sawah Terendam

×

Banjir Terjang Kecamatan Simpenan, Puluhan Rumah dan Sawah Terendam

Sebarkan artikel ini
Salah satu rumah warga di Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi terendam banjir.

SUKABUMI РHujan deras dengan intensitas tinggi mengakibatkan puluhan rumah dan sawah di Kampung Babakan Sirna, Desa Cibuntu, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, terendam banjir.

Informasi yang dihimpun, banjir diakibatkan luapan air beberapa sungai kecil dari gunung dan dari pemukiman warga.  

Baca Juga: Banjir Rendam Ciemas Sukabumi, Sungai Cikalong Meluap

“Air mulai meluap dari sungai sungai kecil ataupun irigasi yang ada di Kampung Babakan Sirna sekitar pukul 02.30 WIB dini hari saat hujan deras mengguyur,” ujar warga sekitar Hasanudin (42), Selasa (27/12/2022).

Ia menjelaskan, saat itu air tiba-tiba saja membesar, karena irigasi-irigasi tersumbat dan selanjutnya menggenangi area pemukiman warga dan juga persawahan.

“Ada sekitar 20 rumah yang sempat terendam air banjir. Belum lagi di wilayah kampung lainnya,” ucapnya.

Lanjut Hasanudin, luapan air yang merendam rumah warga membuat barang-barang di dalam rumah juga ikut terendam, bahkan dari pantauannya sawah warga nyaris hancur dan terancam gagal panen.

“Ini kalau hasil panen ini satu ton hingga dua ton masih banyak lagi sawah yang lainnya, kalau luasannya gak tau hektaran pokoknya,” jelasnya.

Masih kata Hasanudin, air yang merendam areal persawahan diperkirakan mencapai satu meter. Hal itu setelah melihat air masuk ke dalam rumah rumah warga dan bangunan masjid yang datarannya lebih tinggi dari area persawahan.

“Harapan saya ini ada bendungan, irigasinya diperbesar, ini luapan air di gunung dan juga sungai sungai kecil,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *