Longsor di Ciemas Sukabumi, Tanjakan Cipeucang Geopark Kembali Tertutup Total

Longsor-Ciemas-Sukabumi
Tanjakan Cipeucang Geopark Ciletuh Kembali Tertutup Longsor

SUKABUMIKU.id – Akibat hujan deras yang melanda wilayah Kota hingga Kabupaten Sukabumi menyebabkan tebing setinggi 20 meter longsor di Wilayah Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Informasi diperoleh longsor yang terjadi sekitar pukul 01.00 WIB, Rabu (1/3/2023) dinihari ini mengakibatkan tanjakan Cipeucang, akses menuju kawasan Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi tertimbun dan tidak bisa dilintasi kendaraan.

“Ya, peristiwa ini terjadi pada 01.00 dini hari. Akibatnya akses jalan menuju geopark ciletuh lumpuh total tidak bisa dilalui kendaraan roda dua maupun empat,” kata Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi Sandra Fitria dalam keterangan resminya.

Lanjut dia, longsor tersbut merupakan kejadian ke tiga kalinya dimana sebelumnya longsor pernah melanda wilayah tersebut pada Rabu (15/02/23) lalu.

“Betul ini ketiga kalinya. Terakhir terjadi pada tanggal 15 Februari lalu. Memang disana merupakan wilayah rawan longsor sehingga para pengendara dihimbau lebih waspada jika melewati wilayah itu,” paparnya.

BACA JUGA : Gempa Darat Terjadi di Sukabumi Ini Lokasinya!

Beruntung dalam kejadian tersebut tidak menyebabkan korban jiwa maupun luka. Hanya saja di wilayah tersbut lumpuh tidak bisa dilalui. BPBD Kabupaten Sukabumi pun saat ini masih berupaya melakukan koordinasi kepada PU URC Provinsi Jawa Barat untuk melakukan evakuasi longsor.

“Kita masih berkoordinasi pasalnyua butuh alat berat untuk evakuasi material longsor. Untuk semntara saat ini melaporkan jalan tersebut belum bisa dilalui . Alat berat dari PU Provinsi sedang menuju lokasi bencana
petugas dilapangan menghimbau para pengendara untuk sementara tidak melewati jalan tersebut,” pungkasnya. (ky)