Pariwisata

Menggali Keindahan Curug Bibijilan Nyalindung Sukabumi

1134
×

Menggali Keindahan Curug Bibijilan Nyalindung Sukabumi

Sebarkan artikel ini
Curug Bibijilan

SUKABUMIKU.id – Sebuah surga alam di Jawa Barat, menyimpan banyak keindahan alam yang belum terjamah. Salah satu yang patut dicontoh adalah Curug Bibijilan di Kampung Lebaknangka, Desa Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi.

Uniknya, curug ini memiliki karakteristik berbeda dari air terjun lainnya, dengan beberapa tingkatan yang menambah pesonanya.

Asal-Usul Nama Bibijilan

Nama Bibijilan sendiri memiliki cerita menarik di baliknya. Dipercaya bahwa air terjun ini berasal dari Goa Buni Ayu yang terletak di dekatnya.

Bibijilan berasal dari kata Bibi yang berarti Perempuan dan Jilan yang bermakna Jilat. Konon, dahulu kala, para perempuan suku setempat sering datang ke sini untuk membersihkan diri dan menyegarkan tubuh, sehingga masyarakat setempat memberikan nama Bibijilan.

Keunikan Air Terjun Bertingkat

Apa yang membuat Curug Bibijilan begitu istimewa adalah tingkatan airnya. Tidak seperti air terjun pada umumnya, curug ini memiliki beberapa tingkatan yang menambah keindahan alamnya.

Air yang jatuh dari tingkatan ke tingkatan menciptakan pemandangan yang memukau dan menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung.

Air Bersih dari Goa Buni Ayu

Sumber air Curug Bibijilan berasal dari Goa Buni Ayu. Goa ini dianggap sebagai “ibu” dari air terjun tersebut. Kebersihan dan kesegaran air yang mengalir menambah keistimewaan tempat ini. Pengunjung dapat merasakan kesegaran air yang langsung berasal dari alam.

Akses yang Menantang

Bagi para petualang sejati, tantangan akses menjadi bagian dari keseruan perjalanan menuju Curug Bibijilan. Medan yang agak sulit dijangkau memberikan pengalaman tersendiri.

Dikelilingi oleh hutan yang hijau dan alam yang masih asri, perjalanan menuju curug ini juga menjadi perjalanan spiritual untuk meresapi keindahan ciptaan alam.

Tips Wisata:

Persiapkan Fisik dan Perlengkapan: Karena akses yang menantang, pastikan untuk membawa perlengkapan dan pakaian yang sesuai, seperti sepatu yang nyaman dan perlengkapan keamanan.

Datang pada Musim yang Tepat: Perhatikan musim ketika berkunjung. Pada musim tertentu, curug ini mungkin lebih indah dengan debit air yang lebih tinggi.

Jaga Kebersihan: Hargai alam sekitar dengan tidak meninggalkan sampah dan menjaga kebersihan tempat wisata.

Pemandu Lokal: Jika memungkinkan, menggunakan pemandu lokal dapat membantu memandu perjalanan dengan lebih baik dan memberikan informasi lebih lanjut tentang keindahan Curug Bibijilan.

Curug Bibijilan di Kampung Lebaknangka mengajak para wisatawan untuk mengeksplorasi keindahan alam yang masih asli dan alami. Dengan tingkatan air yang unik dan suasana hutan yang menenangkan, curug ini menjadi destinasi ideal bagi mereka yang mencari pengalaman petualangan sekaligus meresapi kedamaianĀ alam.(Sei)