Berita SukabumiSukabumi

Pemkot Sukabumi Kejar Predikat Layak Anak Tahun 2023

×

Pemkot Sukabumi Kejar Predikat Layak Anak Tahun 2023

Sebarkan artikel ini
Pemkot Sukabumi
Pemkot Sukabumi dan P3AP2KB saat menggelar rakor dan pembentukan tim gugus tugas KLA . Foto: istimewa

SUKABUMIKU.id – Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Serta Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) kejar predikat Kota Layak Anak (KLA) tahun 2023.

Salahsatunya dengan menggelar rapat koordinasi sekaligus membentuk tim gugus tugas Kota Layak Anak (KLA) di Balaikota Sukabumi dengan dihadiri langsung oleh Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi dan dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sukabumi, Dida Sembada.

Sebagaimana diketahui, Kota Sukabumi pada tahun 2022 kemarin, mendapatkan penghargaan sebagai Kota Layak Anak dengan predikat Madya, dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Kamis (02/03).

Baca Juga: Jelang Lebaran Jalan Tol Bocimi Seksi II Akan Kembali Dibuka

“Kota layak anak adalah kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak, melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha,” kata Wali kota Sukabumi Achmad Fahmi kepada wartawan.

Menurut Fahmi, dengan terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan.

Kota Layak Anak tidak melihat jumlah anggaran yang ada. Akan tetapi bagaimana anggaran yang ada dapat memiliki keberpihakan dalam perwujudan perlindungan dan pemenuhan hak anak dengan anak sebagai tidak hanya menjadi objek pembangunan.

Baca Juga: SDN Gunung Biru Ambruk Akibat Gempa Sukabumi Tadi Malam

“Siklus penyusunan kebijakan KLA diantaranya analisa kesenjangan terhadap anak (evaluasi kla), penyerapan aspirasi anak (forum/kelompok anak), penyusunan program dan kegiatan (gugus tugas),” jelasnya.

Diharapkan tambah Fahmi dengan dibentuknya gugus tugas Kota Layak Anak saat ini, Kota Sukabumi kembali mendapatkan predikat Kota Layak Anak di tahun 2023 ini.

“Sebagaimana diketahui sebelumnya, hingga tahun 2022 kemarin, Kota Sukabumi telah menerima penghargaan sebagai Kota Layak Anak sebanyak 9 kali. Semoga tahun ini pun kita kembali mendapatkan predikat itu,” pungkasnya. (Ky)