Raperda Pemberantasan Narkoba Dibahas, BNNK Sukabumi Sebut P4GN Bisa Merata di Setiap Wilayah

SUKABUMIKU.id – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sukabumi mengapresiasi rapat Paripurnan DPRD Kota Sukabumi terkait penjelasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kota Sukabumi tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan Prekursor Narkotika (PN).

Kepala BNNK Sukabumi, Dr M Retno Daru Dewi mengatakan, kegiatan ini merupakan pengusulan rancangan Peraturan Daerah (Perda) tentang pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika (P4GN) di DPRD Kota Sukabumi, melalui Komisi III.

‚ÄúPembentukan Raperda P4GN ini berlandasan pada Inpres No. 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika Tahun 2020-2024. Kemudian pada Permendagri 12 tahun 2019, mengenai Fasilitasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika,” kata dia.

Sehingga ketika raperda ini terbentuk sambung dia, kerjasama antar sektor baik Kecamatan, Kelurahan, dan Kota menjadi penting dalam program-program P4GN di Kota Sukabumi. Pasalnya, persoalan adiksi bisa saja ada di lingkungan yang tidak sadari.

“Pada Kemendagri Nomor 12 tahun 2019, tentang peningkatan peran pemerintah daerah melalui fasilitasi P4GN.Walikota melakukan fasilitasi di kota, fasilitasi di tingkat kecamatan dilaksanakan oleh camat, begitupun fasilitasi di tingkat kelurahan dilaksanakan oleh lurah. Maka P4GN ini dilakukan seluruh sektor dan BNN sebagai penggerak sektor,” pungkasnya. (ky)