Berita SukabumiKota Sukabumi

Tiga Eselon II Pemkot Sukabumi Ikuti Proses Wawancara Calon Kepala Dinas Disdukcapil

×

Tiga Eselon II Pemkot Sukabumi Ikuti Proses Wawancara Calon Kepala Dinas Disdukcapil

Sebarkan artikel ini
Pemkot Sukabumi
3 Pejabat Eselon II Kota Sukabumi saat mengikuti sesi wawancara untuk mengisi jabatan Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi. Foto/Istimewa

SUKABUMI – Wali Kota Sukabumi, Ayep Zaki, secara resmi membuka kegiatan wawancara calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) untuk jabatan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi pada Senin (16/06/25). Kegiatan ini berlangsung di Aula Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Sukabumi.

Tiga calon pejabat yang mengikuti wawancara tersebut adalah Tejo Condro, Punjul Saeful Hayat, dan Adrian Hariadi. Proses seleksi dilakukan secara daring oleh Tim Wawancara dari Direktorat Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dalam sambutannya, Wali Kota Sukabumi menjelaskan bahwa sejak 1 Maret 2025 jabatan Kepala Dinas Dukcapil mengalami kekosongan karena pejabat sebelumnya memasuki masa pensiun.

Menindaklanjuti hal itu, Pemerintah Kota telah menggelar uji kompetensi atau jobfit pada 25 Mei 2025 melalui Panitia Seleksi (Pansel), dan mengusulkan tiga nama tersebut ke Kemendagri.

BACA JUGA: Satpol PP Tertibkan Grobak dan Sepeda di Halaman GOR Lapang Merdeka Sukabumi

“Hari ini, tiga orang calon usulan kami akan menjalani wawancara dengan Tim Kemendagri. Semoga menghasilkan calon terbaik yang akan bekerja dengan saya sebagai Wali Kota, menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat,” ujar Ayep Zaki.

Tim Wawancara Dirjen Dukcapil Kemendagri menegaskan bahwa wawancara ini merupakan bagian penting dari mekanisme pengangkatan pejabat struktural di bidang administrasi kependudukan.

Proses seleksi mengedepankan standar kompetensi jabatan yang meliputi pengetahuan teknis, kemampuan koordinasi, kepemimpinan strategis, dan penguasaan sistem administrasi kependudukan.

Dalam proses wawancara, setiap calon diberikan kesempatan menyampaikan paparan, ide, serta inovasi program yang akan dijalankan bila dipercaya memimpin Dukcapil.

“Wawancara dilakukan secara terpisah agar masing-masing calon tidak mengetahui jawaban satu sama lain, memastikan objektivitas dan independensi penilaian. Selain kompetensi teknis dan manajerial, calon juga dinilai berdasarkan kemampuan membangun strategi pelayanan publik yang inklusif, inovatif, dan berbasis data kependudukan yang akurat,” kata Ayep Zaki.

BACA JUGA:Kafilah MTQH Kota Sukabumi Siap Harumkan Nama Daerah di Ajang Provinsi Jawa Barat

Dia pun menyampaikan apresiasi atas pendampingan dan dukungan dari Tim Dirjen Dukcapil Kemendagri dalam proses seleksi ini. Ia berharap wawancara ini berjalan lancar dan menghasilkan pemimpin yang amanah serta mampu membawa kemajuan dalam pelayanan administrasi kependudukan.

“Dengan terlaksananya tahapan ini, diharapkan dalam waktu dekat Kota Sukabumi akan memiliki Kepala Dinas Dukcapil definitif yang profesional dan siap mendukung visi pembangunan kota yang terintegrasi, responsif, dan berorientasi pada pelayanan publik yang prima,” pungkasnya. (Ky/ADV)