Nasional

Volume Penumpang Whoosh Meningkat Jelang Libur Lebaran

×

Volume Penumpang Whoosh Meningkat Jelang Libur Lebaran

Sebarkan artikel ini

SUKABUMIKU.id – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat peningkatan volume penumpang Kereta Cepat Whoosh mulai hari ini, Jumat (28/3), atau H-3 Lebaran.

KCIC memperkirakan jumlah penumpang hari ini akan mencapai 18.000 hingga 20.000 orang, meningkat dibandingkan sekitar 16.000 penumpang per hari pada hari sebelumnya.

“Kami sudah melihat adanya peningkatan jumlah penumpang di seluruh stasiun Whoosh,” ujar Eva Chairunisa, Corporate Secretary PT KCIC, dalam keterangan resminya.

KCIC memproyeksikan peningkatan jumlah penumpang Whoosh selama masa angkutan Lebaran akan mencapai 30%, atau hingga 24.000 penumpang per hari.

Sebagai perbandingan, pada hari kerja biasa, jumlah penumpang Whoosh berkisar antara 16.000 hingga 18.000 orang per hari, sedangkan pada akhir pekan bisa mencapai 18.000 hingga 21.000 penumpang per hari.

Peningkatan volume puncak diperkirakan terjadi mulai tanggal 2 hingga 11 April untuk keberangkatan dari Halim menuju Bandung dan sebaliknya.

KCIC mengimbau seluruh penumpang untuk segera memesan tiket melalui kanal online seperti aplikasi Whoosh, website ticket.kcic.co.id, Access by KAI, Livin’ by Mandiri, BRImo, Wondr by BNI, Tiket.com, maupun secara offline di loket dan vending machine di stasiun.

Selama masa angkutan Lebaran, yang berlangsung dari 21 Maret hingga 11 April 2025 (H-10 hingga H+10 Lebaran), KCIC mengoperasikan 1.346 perjalanan kereta api (KA) dengan total kapasitas 808.000 tempat duduk. Setiap harinya, KCIC mengoperasikan 62 jadwal perjalanan Whoosh dengan *headway* setiap 30 menit.

Jumlah ini meningkat 20% dibandingkan angkutan Lebaran 2024, di mana KCIC mengoperasikan 52 perjalanan Whoosh per hari.

Untuk memastikan keamanan dan keselamatan perjalanan, KCIC menugaskan 530 petugas pengamanan yang tersebar di seluruh stasiun dan jalur kereta. Petugas ini merupakan gabungan dari personel keamanan internal KCIC, TNI, dan Polri.

Selain itu, KCIC juga menugaskan 50 petugas *Passenger Service Mobile* yang siap membantu pelayanan penumpang di berbagai stasiun Whoosh. (Mrf)