Wisata Sukabumi ,Keindahan Gunung Gede Pangrango

gunung gede
INDAH: Pemandangan Gunung Gede Pangrango di puncak. Foto:Sukabumiku.id

SUKABUMIKU.id– Gunung Gede Pangrango Sukabumi merupakan kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Gunung Gede merupakan objek wisata alam yang menarik dan banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun internasional.

Gerbang utama menuju ini adalah dari Cibodas dan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Gunung api bertipe stratovolcano yang berada di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung Gede berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango, yang merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980.

Gunung ini berada di dua wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Cianjur dan Sukabumi, dengan ketinggian 1.000 – 2.958 m. dpl, dan berada pada lintang 106°51′ – 107°02′ BT dan 64°1′ – 65°1 LS. Suhu rata-rata di puncak gunung Gede 18 °C dan di malam hari suhu puncak berkisar 5 °C, dengan curah hujan rata-rata 3.600 mm/tahun.

Gunung Gede diselimuti oleh hutan pegunungan, yang mencakup zona-zona submontana, montana, hingga ke subalpin di sekitar puncaknya. Hutan pegunungan di kawasan ini merupakan salah satu yang paling kaya jenis flora di Indonesia, bahkan di kawasan Malesia.

Dalam melakukan pendakian Gunung Gede Pangrango sangat membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai ke puncak. Bagi pemula bisa mencapai sekitar 10-13 jam. Sedangkan bagi yang sudah terbiasa diantara 5 sampai 8 jam.

Tentunya dalam pendakian Gunung Gede Pangrango ini dibutuhkan kekuatan fisik yang bagus. Soalnya dalam perjalanan menuju gedung gede membutuhkan rintangan seperti melewati jalan bebatuan, hutan dan tanah yang licin.

” Iya memang cape banget, tapi setelah berada dipuncak semua terbalasakan dengan keindahannya. Cape pun menjadi hilang,” ujar Warga Sukabumi, Hendi Wiryadi. (Eri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.