Berita Sukabumi

25 Karhutla Terjadi di Kota Sukabumi Sepanjang September Hingga Oktober

480
×

25 Karhutla Terjadi di Kota Sukabumi Sepanjang September Hingga Oktober

Sebarkan artikel ini
Kebakaran Kota Sukabumi

SUKABUMIKU  РBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi mencatat selama September hingga Oktober 2023 terdapat 25 kejadian kebakaran lahan yang tersebar di tujuh Kecamatan di Kota Sukabumi.

Sesuai informasi yang diperoleh kebakaran tersebut terjadi di Kecamatan Lembursitu sebanyak 7 kejadian, Kecamatan Cikole 3, Kecamatan Baros 5, Kecamatan Cibeureum 2, Kecamatan Citamiang 1, Kecamatan Gunungpuyuh 3, dan Kecamatan Warudoyong terdapat 4 kejadian.

“Jadi kebakaran lahan di Kota Sukabumi itu paling banyak terjadi di Kecamatan Lembursitu. Namun, alhamdulillah semua bisa tertangani dengan dan tidak ada korban jiwa,” kata Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi, Suhendar kepada wartawan, Kamis (05/09/23).

BACA JUGA: Empat Bencana Alam Landa Kota Sukabumi, Pasca Hujan Disertai Angin Kencang

Lanjut dia, akibat kebakaran lahan tersebut, menyebabkan luas area yang terbakar sekitar 109,757 dan kerugiannya ditaksir sebesar Rp. 539.500.000.

“Ya, tentunya kerugian di akibatkan kebakaran lahan ini mencapai ratusan juta,” jelasnya.

Masih kata Suhendar, adapun penyebab dari kebakaran lahan, ini rata-rata disebakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan sengaja membakar sampah lalu ditinggalkan.

“Jadi dugaan kami, kebakaran lahan ini disebabkan oleh orang yang sengaja membakar sampah, apalagi sekarang ini kondisinya kemarau dan api cepat membesar,” ungkapnya.

Lanjut Suhendar, pihaknya menghimbau kepada masyarakat melalui Kelurahan untuk tidak membakar sampah sembarangan dan kemudian ditinggalkan. Karena, kondisinya banyak lahan yang sudah sudah kering akibat kemarau.

“Tentunya kami mengantisipasi dengan cara menghimbau kepada warga dan setiap hari kita monitor ke tiap wilayah,” pungkasnya. (Ky)