Cuaca Ekstrem,BPBD Kota Sukabumi Keluarkan Peringatan Dini

Pohon Tumbang
EVAKUASI: BPBD Kota Sukabumi saat melakukan evakuasi pohon tumbang di Jalan Siliwangi, Kecamatan Cikol, Kota Sukabumi, Minggu (27/2/2022). Foto:istimewa.

SUKABUMIKU.id– Cuaca ekstrem yang menerjang Sukabumi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat. BPBD meminta kepada masyarakat yang sedang melakukan perjalanan, apabila terjadi curah hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang agar menunda perjalanannya dan meneduh ditempat yang aman.

” Kemarin terjadi cuaca ekstrem di Kabupaten Sukabumi, dan beberapa daerah di Jawa Barat. Banyak terjadi pohon tumbang. Makanya kita himbau peringatan dini cuaca ekstrem kepada masyarakat.” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Imran Whardani kepada Sukabumiku.id.

BPBD mengingatkan masyarakat Sukabumi untuk menunda perjalanan ketika hujan lebat disertai angin kencang. Masyarakat bisa berteduh di tempat yang aman.

” Jangan di tempat yang rawan seperti pohon besar tinggi, baliho dan lainnya yang dapat berpotensi terkena dampak angin kencang. Silahkan mencari lokasi meneduh yang aman,” jelasnya.

Dikatakan Imran Pohon tumbang juga terjadi pada Minggu sore, (27/2/2022) di depan kantor BPJS ketenagakerjaan di Jalan Syamsudin SH, bersama jajaran Kepolisian dan Bidang Pertamanan Dinas PUTR, pohon tumbang langsung di evakuasi. Sedangkan titik rawan pohon tumbang, Imran mengatakan kemungkinan di Jalan Bhayangkara dan Jalan Surya Kencana yang terdapat beberapa pohon besar.

“BPBD siap menerjunkan personil pada kegiatan antisipasi terjadinya pohon tumbang tersebut, apalagi kami juga mengeluarkan imbauan tanggap darurat bencana,”ungkapnya.

Sementara itu, Kota dan Kabupaten Sukabumi akan diguyur hujan hari ini dari pagi hingga malam. Prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) menyelimuti Sukabumi dengan hujan ringan dan sedang.

Begitupun daerah lainnya di wilayah Jawa Barat, Diperkiraan hujan.

Prakiraan cauca di Sukabumi selain hujan, akan juga disertai angin. Kecepatan angin bisa mencapai dari 10 Km perjam hingga 20 km perjam. Dengan suhu udara 25 celcius sampai 30 celsius.(Eri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.