DPC PDIP Kota Sukabumi Jaga Kebutuhan Pangan Lewat Lomba Memasak Tanpa Beras

DPC PDIP KOTA SUKABUMI
INOVASI: Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Sukabumi,Iwan Adhar Ridwan (Bah Uwo) saat melihat perlombaan inovasi menu berbasis pangan lokal. Foto:iki/sukabumiku.id

SUKABUMIKU.idDPC PDI Perjuangan Kota Sukabumi menggelar Lomba Inovasi Menu Berbasis Pangan Lokal makanan Non Beras, sebagai sumber karbohidrat dan protein lauk pauk. Lomba yang di ikuti peserta dari 7 PAC PDIP Kota Sukabumi dan 3 peserta dari masyarakat lokal ini digelar pada Minggu (18/09/22) di Jalan Zamrud Raya, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi.

Ketua DPC PDIP Kota Sukabumi, Iwan Adhar Ridwan (Bah Uwo) mengatakan, kegiatan ini tindak lanjut hasil identifikasi dan inventarisasi kegiatan Ekpedisi Trisakti yang dilakukan secara berkesinambungan.

“Ini merupakan rangkaian kegiatan, yang sebelumnya kita di Kota Sukabumi melakukan ekspedisi ketahanan pangan di Gunung Gede Pangrango,” kata pria yang akrab disapa Uwo ini kepada wartawan.

Dia mengungkapkan kegiatan lomba ini terinspirasi oleh adanya warisan, budaya kuliner nusantara yang telah dituangkan oleh Bung Karno dalam buku resep “Mustika Rasa”.

Selain itu, lanjut dia, lomba ini terinspirasi dari gagasan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri, bahwa politik berkaitan dengan urusan rakyat sehari-hari, dan termasuk dalam rangka menjaga ketahanan pangan di Sukabumi khususnya di Indonesia.

“Harapan kami ada dampak sosial kepada masyarakat. Bahwa, pengganti nasi itu masih banyak kita temukan, karena mindset warga Indonesia selalu berpatokan kepada nasi padahal banyak penggantinya. Kaya Qtela hanjeli sukun talas dan Ubi padahal jika di kreasikan enak juga. Seperti halnya kali ini DPC PDIP Kota Sukabumi dalam hal inovasi ini mensosialisasikan kepada masyarakat dengan tujuan menjaga ketahanan pangan,” paparnya.

PDIP KOTA SUKABUMI
Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Sukabumi,Iwan Adhar Ridwan (Bah Uwo) Dan Sekertaris, Gagan Rachman Suparman. Foto:iki/sukabumiku.id

Hasil resep-resep terbaik pada lomba ini akan dituangkan ke dalam kumpulan resep masakan asli daerah Jawa Barat, dengan modifikasi serta kreasi baru, mampu memiliki nilai cita rasa, estetika, dan kandungan gizi yang tinggi, serta nilai ekonomi sehingga berdampak pada kedaulatan.

“Nanti yang menang akan kembali dilombakan di DPP PDIP Jawa Barat, agar para peserta lebih berkreasi dalam mengolah pangan pengganti nasi ini,” ujarnya.

Sementara itu, Sekertaris DPC PDIP dan juga menjabat sebagai Ketua Komisi III DPRD Kota Sukabumi, Gagan Rachman Suparman, berharap lewat kegiatan itu kreatifitas masyarakat meningkat dan mampu menciptakan kuliner nusantara berbasis kearifan lokal untuk ketahanan pangan keluarga dan sajian kuliner yang sehat, bergizi dan murah.

“Setelah ekpedisi kemarin kita mendata bahan-bahan pokok yang belum dikenal oleh masyarakat mungkin kedepan masyarakat bisa lebih mengenal produk apa saja pengganti nasi yang bisa di olah dan ini akan berkelanjutan dan mudah-mudahan yang kita inisiasi bisa diikuti oleh masyarakat. Dengan Trisakti, maka Indonesia akan siap menghadapi ancaman jenis apapun,” pungkasnya. (Ky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.