Berita SukabumiSukabumi

Lapas Sukabumi Konsisten Meningkatkan Layanan Kesehatan Bagi Warga Binaan

×

Lapas Sukabumi Konsisten Meningkatkan Layanan Kesehatan Bagi Warga Binaan

Sebarkan artikel ini
Lapas Sukabumi
Dokter Lapas Sukabumi saat memberikan pelayanan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Foto: istimewa

SUKABUMIKU.id – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Sukabumi selalu konsisten memberikan pelayanan kesehatan bagi warga binaannya. Pelayanan bagi warga binaan di lapas sukabumi didukung dengan petugas kesehatan yang profesional.

Kepala Lapas Kelas II B Sukabumi Christo Toar mengatakan, pelayan kesehatan yang diberikan kepada warga binaan merupakan wujud pelayanan prima yang diberikan oleh Lapas Sukabumi.

“Dalam memberikan pelayanan kesehatan, kami didukung dengan tenaga medis yang cukup dan tersertifikasi, sehingga kami bisa memberikan pelayanan secara optimal dan profesional,” kata dia kepada wartawan, Rabu (22/02/23).

Baca Juga: Begini Kronologi Pelaku Pencurian di Cibeureum Sukabumi Yang Diamuk Masa Hingga Babak Belur

Diketahui bahwa lapas sukabumi sudah memiliki dokter yang memiliki izin praktek dan juga sudah memiliki sertifikat izin klinik, sehingga dalam pelayanan kesehatan tidak perlu diragukan lagi karena sudah memiliki legalitas dalam memberikan tindakan medis.

“Dalam persyaratan administrasi, klinik kami sudah memiliki sertifikat izin klinik dan juga Surat Laik Higiene, sehingga dapat meningkatkan layanan kesehatan bagi warga binaan,” tambahnya.

Sejauh ini lapas sukabumi sudah menangani beberapa penyakit yang dapat ditangani oleh para petugas kesehatan lapas, diantaranya TBC, HIV, Scabies, dan juga Covid -19.

Baca Juga: Polsek Baros Sukabumi Amankan 5 Pelaku Pembacokan di Cibeureum

“Demi meminimalisir penyebaran penyakit menular, kami sudah menerapkan prosedur agar penyakit menular bisa di tangani di lapas, contohnya tingginya potensi penularan TBC, sehingga mendorong klinik Lapas untuk melaksanakan skrining sejak pertama kali Tahanan/WBP masuk kedalam Lapas,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Lapas Sukabumi juga memiliki layanan disabilitas, layanan untuk perempuan, layanan kesehatan mental, layanan gizi dan makanan serta layanan sanitasi dan kesehatan lingkungan yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Rumah sakit, dan Puskesmas, sehingga dapat terlaksananya pelayanan kesehatan yang prima bagi warga binaan. (Ky)