Sukabumi

Menjaga Ketahanan Pangan Kota Sukabumi, Jadi Isu Strategis Dalam Perencanaan Pembangunan di Tahun 2024

×

Menjaga Ketahanan Pangan Kota Sukabumi, Jadi Isu Strategis Dalam Perencanaan Pembangunan di Tahun 2024

Sebarkan artikel ini
Wakil Wali Kota Sukabumi Andri S Hamami
Wakil Wali Kota Sukabumi Andri S Hamami menghadiri Forum Perangkat Daerah (FDP)

SUKABUMIKU.id – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Sukabumi Forum Perangkat Daerah (FPD)tahun 2023 untuk perencanaan tahun 2024, di Gedung Pertemuan KAC Cikundul.

Kegiatan yang mengusung tema Mewujudkan Ketersediaan Pangan yang Berkelanjutan untuk Mendukung Kondusifitas Kota Sukabumi dihadiri oleh Wakil Wali Kota Sukabumi Andri S Hamami, Kepala Dinas DKP3 Adrian Haryadi, dan yang mewakili Kepala Bappeda Kota Sukabumi.

Wakil Wali Kota Sukabumi Andri S Hamami mengatakan, isu strategis yang dibahas yakni ketahanan pangan dan energi pun telah menjadi isu strategis yang berkembang di nasional, Bahkan di tingkat global.

Oleh sebab itu perlu menjaga agar ketahanan pangan dan energi tidak mudah terguncang oleh gejolak kenaikan harga pangan dan energi global. Selain itu secara regional di Jawa Barat, terdapat beberapa tantangan dalam pemenuhan pangan penduduk.

BACA JUGA : Pemerintah Kota Sukabumi Fokus Tingkatkan Ketahanan Pangan

” Tantangannya yaitu perubahan iklim, cuaca ekstrim, kekeringan, banjir, pandemi, serta disrupsi pasokan dan Inflasi,” ujarnya.

Untuk menjawab tantangan pada isu ketahanan pangan, dalam rencana pembangunan Daerah Kota Sukabumi tahun 2024 2026 telah dirumuskan strategi peningkatan ketahanan pangan dengan arah kebijakan menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok dan meningkatkan Diversifikasi pangan masyarakat.

“Program strategis yang berdampak langsung pada masyarakat serta program-program yang memiliki daya ungkit terhadap kesejahteraan masyarakat perlu tetap dilanjutkan pelaksanaanya,” jelasnya.

BACA JUGA : Membanggakan, Wali Kota Sukabumi Jadi Bintang Tamu di Forum Komunitas Kreatif Nasional

Ditambahkan Andri, kekondusifan kota menjadi kata kunci utama dalam tema pembangunan Kota Sukabumi tahun 2024. Hal jni menunjukkan betapa pentingnya suasana kondusif yang perlu diciptakan dan dijaga di Kota Sukabumi. Tahun 2024 merupakan tahun politik dimana pemilu dan pilkada serentak dilaksanakan.

” Situasi politik yang cenderung meningkat perlu diantisipasi dengan tetap menjaga dan meningkatkan stabilitas Ekonomi, Sosial dan Politik agar keberlangsungan pembangunan tetap terjaga,” pungkasnya. (Ky)