Pendapatan Pajak Daerah di BPKPD Kota Sukabumi Over Target

PENDAPATAN PAJAK
PAJAK : Kabid Pengelolaan Pajak Daerah pada BPKPD Rahman Gania saat diwawancarai di ruangan kerjanya, Selasa (27/12/22) Foto : Istimewa

SUKABUMIKU.id – Pemerintah Kota Sukabumi melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) berhasil mencapai Target Realisasi Pajak Daerah pada Tahun 2022 ini.

Hingga, hari ini realisasi pajak Daerah sudah mencapai Rp 56 miliar dari target pajak tahun 2022 sebesar Rp54 miliar.

“Ada kemungkinan di akhir tahun bakal ada penambahan dari pajak PBB yang biasanya dilakukan masyarakat,” kata Kabid Pengelolaan Pajak Daerah pada BPKPD Rahman Gania kepada wartawan, Selasa (27/12/22).

Baca Juga: Kapolres Sukabumi Kota Cek Kesiapan 14 Posko Nataru, Ini Hasilnya!

Pendapatan itu berasal dari 9 sektor pajak yang dikelola BPKPD diantaranya, pajak parkir, PBB, BPHTB, Restoran, Hotel, Hiburan, Penerangan jalan, Air bawah tanah, Reklame..

“Ya, pendapatan itu bersumber dari 9 sektor pajak yang berada di Kota Sukabumi,” paparnya.

Sambung dia, peningkatan target pajak di tahun 2022 ini karena ada penambahan jumlah wajib pajak dan kondisi ekonomi mulai bangkit pasca pandemi covid-19.

“Terlihat di usaha Hotel dan Restoran yang mulai pulih. Semoga kondisi ini bisa terus semakin baik yang tentunya berpengaruh terhadap peningkatan PAD,” imbuhnya.

Baca Juga : Banjir Rendam Ciemas Sukabumi, Sungai Cikalong Meluap

Untuk meningkatkan pendapatan pajak sambung dia BPKPD akan lebih fokus ke pengawasan dengan melibatkan Satpol-PP dan unsur terkait lainnya, untuk menimalisir para wajib pajak yang kurang disiplin membayar pajak atau pengusaha – pengusaha yang bandel tidak membayar pajak.

“Pengawasan ini nantinya akan lebih ke penindakan dan kita juga akan dibantu oleh APH Kejaksaan, dalam hal penagihan pajak -pajak yang besar. Mudahan bisa berjalan dengan lancar,” pungkasnya. (Ky)