Sukabumi

Semarak LKBB Muhi Unggul Se-Jawa Barat Open 2024 Digelar di Sukabumi

×

Semarak LKBB Muhi Unggul Se-Jawa Barat Open 2024 Digelar di Sukabumi

Sebarkan artikel ini

SUKABIMIKU.id – Penjabat (PJ) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji membuka kegiatan Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB) Muhi unggul se-Jawa Barat open 2024. Di kampus UMMI Kota Sukabumi, Sabtu (22/06/24).

Dalam momen tersebut PJ Walikota mengapresiasi kepada UMMI yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan kegiatan LKBB. Dijelaskan Kusamana, LKBB ini menjadi suatu yang sangat besar manfaatnya dalam membentuk jiwa dan karakter disiplin terutama bagi kaum kaum muda terpelajar saat ini.

“Kegiatan yang mengusung tema Kita Wujudkan Semangat berprestasi dan kebersamaan demi kejayaan bangsa di masa depan dalam keadaan sehat wal’afiat, sejalan dengan apa yang menjadi tema dalam kegiatan kita kali ini, kebersamaan dan berprestasi adalah dua kunci utama yang harus dimiliki dan ditanamkan sejak dini. Bahkan bagi sebagian orang, bisa jadi LKBB ini menjadi momen yang dinanti nanti untuk bisa diikuti sebagai ajang pembuktian dan aktualisasi diri,” ujar Penjabat (PJ) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji kepada wartawan.

Kusmana menuturkan, baris berbaris merupakan bentuk kedisiplinan dan juga merupakan latihan latihan gerak dasar yang diwujudkan dalam rangka menanamkan nilai nilai dasar agar dapat menumbuhkan sikap sikap seperti, Disiplin pribadi maupun disiplin kelompok, Rasa tanggungjawab, kesatuan, dan persatuan, Kekompakakan dan Kebersamaan, Penampilan pribadi yang baik secara perorangan maupun kelompok.

“Manfaat yang paling besar dari LKBB adalah menumbuhkan nilai nilai kedisiplinan tersebut dalam jiwa remaja secara umum,” terangnya.

Kusmana menambahkan, bukan soal siapa yang juara atau kalah. Karena setiap perlombaan Justru harus bisa melahirkan juara bagi pribadinya masing masing. Melalui sikap disiplin, bela negara dan kepedulian tumbuh Bersama dengan seiiringnya waktu pembentukan karakter dalam LKBB itu sendiri dan menjadi modal yang sangat baik bagi generasi muda dalam memaknai nilai nilai pribadi dan Sosial.

Sementara itu, Panitia Pelaksana Siti Ikrimah Mengatakan, kegiatan LKBB Muhi unggul sendiri diikuti puluhan peserta dari berbagai daerah luar kota mulai dari Bogor, Depok hingga Jakarta, Cianjur dan lainnya.

“Alhamdulillah untuk peserta kita banyak sekali, karena kita melombakan dari berbagai tingkatan yakni SD, SMP dan SMA,” ungkap Kepala Sekolah MTS Muhammadiyah Kota Sukabumi Siti Ikrimah.

Menurut perempuan sapaan Teh Iik ini, dalam acara kegiatan LKBB ini dengan melibatkan Hizbul Wathan (HW) Muhammmadiyah, Kampus Universitas Muhammadiyah, Pemuda Muhammadiyah dan IMM hingga civitas kampus UMMI.

“Untuk tim juri dan penilai kami memang menyiapkan dari khusus yang profesional, karena untuk penialain LKBB ini harus teliti dan ahli,” jelasnya. (Ky)