Berita SukabumiBerita UtamaSukabumi

Tol Bocimi Seksi II Dibuka, Ini 4 Keuntungan untuk Sukabumi

×

Tol Bocimi Seksi II Dibuka, Ini 4 Keuntungan untuk Sukabumi

Sebarkan artikel ini
TOL BOCIMI

SUKABUMIKU.id— Presiden Jokowi sudah meresmikan Tol Bogor Ciawi Sukabumi¬† atau Bocimi seksi II dengan ruas tol Cigombong-Cibadak dengan Exit Tol Parungkuda pada 4 Agustus 2023. Hal tersebut tentunya mendapatkan keuntungan bagi masyarakat dan pemerintah kota dan Kabupaten Sukabumi.

Keuntungan ini yang harus bisa ditangkap oleh pemerintah daerah dalam mengembangan sejumlah sektor di Sukabumi. Tentunya pembangunan Tol Bocimi ini harus bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat Sukabumi.

Dirangkum dari berbagai sumber ini keuntungan dibangunnya Tol Bocimi:

1. Magnet Investasi

Dibukanya Tol Bocimi bisa menjadikan magnet untuk investasi di daerah Kabupaten Sukabumi. Apalagi berdasarkan data yang ada Provinsi Jawa Barat menempati urutan pertama untuk soal Investasi.

Keberadaan Tol Bocimi bisa mempercepat mobilisasi masyarakat dan barang. Dan juga dengan investasi. Menjadikan urutan ke pertama soal Invetasi di Jabar, kerena banyaknya jalan Tol yang dibangun.

2. Mengembangkan Potensi Wisata Sukabumi

Beroperasinya Tol Bocimi diharapkan dapat mengembangkan potensi wisata di Sukabumi. Terlebih Sukabumi memiliki potensi wisata yang besar. Di sana ada geopark, pantai, hingga gunung. Jika waktu dan jarak tempuhnya bisa dipangkas, Sukabumi memberi opsi baru bagi warga Jabodetabek untuk berwisata ke Jawa Barat dengan tak melulu ke Bandung.

Masyarakat yang tinggal di Jakarta maupun di Bogor datang ke Sukabumi untuk ke lokasi wisata seperti Geoprak Ciletuh, Ujung Genteng, Wisata Gunung Gede semakin cepat.

3. Menggerakkan Roda Ekonomi Sukabumi

Jarak tempuh yang singkat tentunya akan memudahkan penyaluran logistik. Selama ini, perjalanan dari Jabodetabek ke Sukabumi dan sebaliknya terasa panjang karena jalanan yang dilalui sangat macet. Namun, kini mobilitas semakin mudah dan cepat sehingga aktivitas industri tak lagi terhambat.

4. Memangkas Waktu Perjalanan

Selanjutnya Jalan Tol ini juga memangkas waktu tempuh perjalanan dari Sukabumi baik kabupaten maupun kota yang mengarah wilayah ibu Kota Jakarta, juga dapat menghemat waktu satu sampai dua jam, dan saat ini hanya menjadi sekitar seperempat hingga setengah jam perjalanan saja.

Baca Juga: Tol Bocimi Gerbang Parungkuda Dibuka, Sukabumi Jakarta Hanya 2,5 jam

Sebelumnya Peresmian yang dihadiri oleh Menteri Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Wakil Bupati Sukabumi Iyos Soemantri, Anggota Komisi V DPR RI Mulyadi, Tokoh masyarakat Serta pelajar dari Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Pelajar Pertama (SMP) yang ada di wilayah Parungkuda Kabupaten Sukabumi.

Sebelumnya, Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 1 Ciawi-Cigombong akhirnya diresmikan Presiden Joko Widodo pada Sabtu (1/12/2018) lalu. Tol Bocimi ini telah lama ditunggu-tunggu masyarakat Jabodetabek, khususnya yang ingin bepergian ke Sukabumi. Pasalnya, setelah penetapan lelang Tol Bocimi tahun 1997, proyek ini mangkrak.

Hal itu karena proses pembebasan lahan yang sulit. Tak hanya itu, kepemilikan saham PT Trans Jabar Tol selaku pengelola jalan tol ini juga berpindah-pindah, mulai dari konsorsium Bukaka Teknik Utama, Bakrie Group, hingga MNC Group. Karena tak kunjung menunjukkan perkembangan signifikan, pada 2015, Jokowi memerintahkan PT Waskita Karya (Persero) Tbk melalui anak usahanya, Waskita Toll Road, mengambil alih proyek ini. (*)