Berita SukabumiSukabumi

Antisipasi Bencana, BPBD Kerahkan Personel dan Mendirikan Posko Jelang Tahun Baru

×

Antisipasi Bencana, BPBD Kerahkan Personel dan Mendirikan Posko Jelang Tahun Baru

Sebarkan artikel ini
BPBD Sukabumi
SIAGA : Sejumlah personel BPBD Kota Sukabumi siaga menghadapi potensi bencana menjelang tahun baru. Foto: Istimewa

SUKABUMIKU.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi mensiagakan personel dan posko dalam menghadapi bencana alam pada saat Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Senin (26/12/22).

Disiagakannya posko dan personil tersebut sebagai bagian langkah kesiapsiagaan terhadap kerawanan risiko banjir longsor di momen natal dan tahun baru.

“Ada dua posko yang disiapkan dalam aksi siaga bencana akhir tahun ini,” kata Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami kepada wartawan.

Baca Juga : Tol Bocimi Sampai Cisaat di 2024?,Hergun: Komisi XI Setujui Penyertaan Modal

Lanjut Zulkarnain, kedua posko tersebut berada di kawasan Gedung Juang Kota Sukabumi di Jalan Veteran II dan kantor BPBD Kota Sukabumi.

“Posko BPBD di Gedung Juang merupakan bagian dari pos terpadu sandi operasi lilin lodaya yang digelar bersama Polres Sukabumi Kota,” ujarnya.

Namun, bedanya pos yang didirikan fokus di kebencanaan yakni, Pos Komando Lapangan Aksi Siaga Bencana (ASB).

“Petugas yang dikerahkan tidak hanya berasal dari BPBD melainkan dari 11 komunitas peduli bencana seperti PMI, Pramuka, Cakrawala Nusantara, STIKES, RKS, Gema Keadilan, KBPP Polri, Rumah Zakat, Bapena PPN, Paguyuban Elang Indah Pelangi serta Karang Taruna. Mereka bertugas selama 24 Jam yang diatur secara bergiliran dengan tiga tim,” bebernya.

Baca Juga : Terminal Tipe A Sukabumi Siagakan 180 Bus Sambut Tahun Baru 2023

Nantinya sambung Zulkarnain, posko tersebut memberikan tiga layanan utama bagi warga Sukabumi yaitu, informasi rawan bencana, pencegahan kesiapsiagaan hingga pada penyelamatan dan evakuasi korban terhadap pengaduan adanya bencana.

“Sementara posko di kantor BPBD merupakan pos komando yang diisi Tim Rraksi Cepat Penanggulangan Bencana, posko tersebut dibuka mulai 23 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023 mendatang,” pungkasnya. (Ky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *