Bentuk Desa Bersinar Cara BNNK Sukabumi Barantas Narkoba di Perkampungan

BNNK SUKABUMI
BNNK SUKABUMI

SUKABUMIKU.id – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sukabumi menggelar rapat koordinasi pelaksanaan program ketahanan keluarga anti narkoba melalui program Desa Bersinar, Lapas Bersinar, dan Lingkungan Kerja Bersinar di aula Kantor Desa Gede Pangrango Kabupaten Sukabumi, Kamis (19/01/22).

Kepala BNNK Sukabumi M. Retno Daru Dewi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya mewujudkan Desa Bersinar dimana di perlukan peran keluarga yang juga penting dalam pelaksanaan program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di lingkungan desa.

‚ÄúPeran keluarga ini diwujudkan melalui program ketahanan keluarga anti narkoba dengan melibatkan kader PKK, perangkat desa, dan tenaga pendidik sebagai relawan anti narkoba yang akan melakukan intervensi langsung ke lingkungan keluarga,” ujarnya.

Baca Juga : Satlantas Polres Sukabumi Sebut Tidak Ada Keterlibatan Anggota Polri Dalam Kasus Penipuan di Kantor P3DW

Lanjut dia, program Desa Bersinar dan P4GN ini dapat meningkatkan daya imun masyarakat dalam menolak segala bentuk penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

BNN Kabupaten Sukabumi, telah melakukan berbagai upaya dalam menekan angka penyalahgunaan narkotika berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN hingga Perda Kabupaten Sukabumi Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika.

“Selain itu, upaya lainnya melalui program kegiatan yang menyentuh langsung masyarakat seperti Desa Bersinar, Lapas Bersinar, dan Lingkungan Kerja Bersinar,” pungkasnya. (Ky)