Nasional

Himbauan BMKG: Waspadai Panas Terik di Wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara

×

Himbauan BMKG: Waspadai Panas Terik di Wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara

Sebarkan artikel ini
Prediksi Cuaca BMKG
BMKG Foto/Sei

SUKABUMIKU.id – BMKG menghimbau cuaca dalam beberapa hari ke depan, wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara berpotensi mengalami cuaca yang ekstrem, terutama dalam hal panas terik.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan himbauan kepada masyarakat untuk selalu waspada dan menjaga diri dari dampak yang mungkin timbul akibat suhu yang tinggi.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk menghadapi kondisi cuaca ini:

1. Minimalkan Aktivitas di Luar Ruangan
Hindari aktivitas di luar ruangan yang berlebihan, terutama pada saat suhu mencapai puncaknya di siang hari. Jika memang harus berkegiatan di luar rumah, pastikan untuk memakai pakaian yang nyaman dan melindungi diri dengan topi atau payung.

2. Gunakan Tabir Surya
Penggunaan tabir surya sangat disarankan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berlebihan. Pilihlah tabir surya dengan kandungan SPF yang sesuai dengan jenis kulit Anda, dan jangan lupa untuk mengaplikasikannya secara berkala, terutama saat beraktivitas di luar ruangan.

3. Konsumsi Cairan Secukupnya
Pastikan untuk tetap terhidrasi dengan baik dengan meminum air secara teratur, terutama saat suhu udara meningkat. Hindari minuman yang mengandung alkohol atau kafein karena dapat menyebabkan dehidrasi.

4. Perhatikan Kesehatan Anda
Jika Anda merasa tidak nyaman atau mengalami gejala yang berkaitan dengan panas terik, seperti pusing, mual, atau kelelahan yang berlebihan, segera cari tempat yang sejuk dan istirahatkan diri Anda.

5. Pantau Informasi Cuaca dari Sumber Terpercaya
Selalu perbarui informasi cuaca dari sumber yang terpercaya, seperti BMKG, untuk mendapatkan perkiraan yang akurat dan langkah-langkah yang diperlukan untuk menghadapi kondisi cuaca yang ekstrem.

Dengan memperhatikan langkah-langkah tersebut, diharapkan masyarakat dapat menghadapi kondisi cuaca yang ekstrem dengan lebih siap dan aman. Tetap waspada dan jaga kesehatan Anda serta keluarga di tengah cuaca yang tidak menentu ini.(Sei)