Ini Jalur Alternatif Hindari Kemacetan Bubaran Buruh Pabrik di Jalan Palabuhan II Sukabumi

CEK LOKASI: Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi dan pihak Kecamatan Cikembar saat mengecek lokasi jalan alternatif. Foto: istimewa

SUKABUMIKU.id— Pemerintah Kabupaten Sukabumi akan menghidupkan akses jalur alternatif untuk menghindari kemacetan arus lalu lintas di sepanjang ruas Jalan Raya Pelabuhan II, Kecamatan Cikembar. Terlebih di wilayah Cikembar terdapat sejumlah pabrik yang menjadi biang kemacetan.

” Iya, rencananya akan membuka jalur alternatif yang melewati tiga desa,” ujar Sekretaris Kecamatan Cikembar, Dading pada Minggu (13/11/2022).

Jalur alternatif itu kata Dading sepanjang 3.5 kilometer yang melintasi Desa Kertarajarja, Bojongraharja dan Bojong. Hanya saja saat ini statusnya masih jalan desa sehingga perlu adanya pengalihan status menjadi jalan Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA : Cucu Hingga Pacar Jadi Korban Rudapaksa di Sukabumi

” Rencana memang mau diambil alih statusnya menjadi Kabupaten Sukabumi,” ungkapnya.

Dikatakannya, Jalan alternatif ini selebar 2,5 meter itu rencananya akan diperlebar oleh Pemkab Sukabumi melalui Dinas Pekerjaan Umum (PDU). Ini akan dilakukan sebagai salah satu bentuk upaya pemerintah kecamatan dalam mencari solusi kemacetan arus lalu lintas, terutama saat jam masuk dan pulang karyawan sejumlah pabrik yang ada di wilayah tersebut.

” Nah, kemarin kita bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, sudah cek lokasi sekaligus memasang petunjuk arah jalur alternatif,” paparnya.

Jalur alternatif tersebut masuknya mulai dari jalan Bungur Pandak, Desa Bojong-Jembatan Baru perbatasan Desa Bojong dan Desa Bojongraharja-Perumahan Permata-Pondok Bitung-Padasuka Desa Kertaraharja.

” Saat jam masuk dan keluar buruh pabrik, pasti akan macet hingga beberapa kilometer. Jika menumpuh jalur alternatif ini, bisa sampai 15 menit,” pungkasnya. (Lan/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *