SUKABUMIKU.id – Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Sukabumi terus menjadi sorotan dalam upaya meningkatkan kualitas layanan publik. Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi terpilih menjadikan pengembangan MPP sebagai prioritas utama dalam program unggulan mereka, “Menyatukan Layanan” (Menyala).
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Sukabumi, Iskandar Ifhan, mengungkapkan komitmen tersebut terlihat dari kunjungan langsung Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih ke seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).
“Semua SKPD dikunjungi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi terpilih. Ada keinginan kuat dari Wali Kota terpilih yang sesuai dengan program unggulan beliau yang bernama Menyala. Maka, MPP Kota Sukabumi menjadi prioritas beliau,” ujar Iskandar, Senin (4/2/2025).
Meskipun mendapat perhatian serius, pengembangan MPP masih menghadapi kendala, terutama keterbatasan lahan dan fasilitas pendukung. “Permasalahan yang ada di kami saat ini memang terbatasnya tempat atau lahan, seperti kondisi yang bisa disaksikan saat ini,” ungkapnya.
Namun, Iskandar memastikan peningkatan layanan tetap menjadi fokus utama. “Intinya, MPP ini masuk dalam kajian beliau yang ingin melayani masyarakat dengan mudah, cepat, dan berkualitas,” tambahnya.
Saat ini, MPP Kota Sukabumi menyediakan 107 jenis layanan dari 32 instansi yang beroperasi setiap hari kerja. Beberapa layanan terpopuler sepanjang tahun 2024 antara lain:
- Pelayanan Kependudukan (Disdukcapil): Pembuatan KTP, KK, akta kelahiran, dan lainnya.
- Penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) (DPMPTSP): Memudahkan pelaku usaha mengurus legalitas usaha.
- Pembayaran Pajak Kendaraan (P3DW Kota Sukabumi).
(mrf/*)