SUKABUMIKU.id – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Sukabumi terus konsisten memberikan pelayanan kepada masyarakat tanpa mengenal waktu.
Salahsatunya BPN terus menggulirkan program layanan di waktu hari libur. Misalnya Pelataran singkatan dari Pelayanan pertanahan akhir pekan, yang terjadwal setiap hari Sabtu di halaman kantor pertanahan, pada pukul 08.00-12.00 WIB.
Pada hari minggu masyarakat juga tetap akan terlayani dengan program Weekend Service yang ada di ruang publik, yakni halaman Gedung Juang 45 Sukabumi, dengan menggunakan mobil Larasita (Layanan rakyat untuk sertifikat tanah) menjadi daya tarik masyarakat untuk mengunjungi stand tersebut untuk berkonsultasi menanyakan administrasi tentang layanan yang ada di BPN.
Ditemui wartawan, Ati Nurhayati (45) warga Kecamatan Gunung Puyuh, usai melakukan aktivitas olahraga di Lapangan Merdeka, tertarik mendatangi mobil Larasita, Ati berkonsultasi dengan para petugas Humas Kantah Kota Sukabumi seputar sertifikat tanah, SPPT, dan AJB, Ati menanyakan hal tersebut karena dirinya baru membeli sebuah rumah baru, dan ingin mengetahui proses balik nama sertifikat.
“Alhamdulillah saya selaku masyarakat awam yang tidak mengerti tentang administrasi persuratan sertifikat, merasa terbantu dengan layanan Weekend Service, para petugasnya ramah, dan secara detail menjelaskan kebutuhan masyarakat,”kata Ati kepada wartawan, Minggu (15/9/2024).
Menurut Ati, layanan Weekend Service yang berada di ruang publik buka di hari minggu, sangat membantu masyarakat yang ingin mengetahui atau mengurus administrasi sertifikat tanah dan lainnya. Apalagi masyarakat seperti Ati yang memiliki kesibukan setiap hari nya, tidak memiliki waktu untuk datang ke Kantor Pertanahan pada hari kerja.
“Saya sangat merespon baik adanya layanan Weekend Service ini, masyarakat yang sibuk masih bisa terlayani di hari libur. Apalagi di Lapangan Merdeka dan Gedung Juang selalu ramai setiap hari Minggu,”ujarnya.
Hal yang sama juga diungkapkan oleh Dedeh (50) warga Kecamatan Baros, merasa puas dengan layanan Weekend Service tersebut, menurut Dedeh apabila dirinya berkunjung ke Kantor Pertanahan, kemungkinan harus sedikit mengantri untuk mendapatkan layanan informasi konsultasi, melalui layanan Weekend Service, Dedeh merasa santai terlayani dengan baik oleh keramahan para petugas yang memberikan informasi sedetail mungkin sesuai kebutuhan yang di tanyakan masyarakat.
“Layanan ini lebih mengefisienkan waktu, kalau ke kantor pertanahan sesuai prosedur harus menunggu antrian. Disini kita lebih santai, suasananya rilek jadi puas bisa bertanya banyak,”ujar Dedeh.
Pada kesempatan itu Dedeh berkonsultasi tentang rencana pemecahan sertifikat tanah dan rumah milik orang tuanya yang sudah meninggal dunia, yang akan di pecah untuk ahli waris. “Alhamdulillah saya puas dengan layanan ini, sudah jelas tinggal mempersiapkan kebutuhan syarat untuk balik nama pemecahan sertifikat,”bebernya.
Sementara itu Kepala Subbagian Tata Usaha Kantor Pertanahan Kota Sukabumi, Susanti Sanapiah di dampingi staff Humas Kantah Kota Sukabumi, Bagas Adytia Afrizal, merasa bersyukur dan bahagia bisa memberikan kepuasan atas pelayanan dan inovasi yang di gulirkan oleh Kantah Kota Sukabumi. Dirinya dan jajaran akan terus meningkatkan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dan akan konsisten menjalankan program-program yang telah di luncurkan.
“Insya Allah kami akan tetap konsisten melayani kebutuhan masyarakat, baik di hari kerja maupun hari libur. Kepuasan masyarakat menjadi kebahagiaan untuk kami,”ungkapnya. (Ky)