Pemkab Sukabumi Targetkan Ikan Koi Jadi Ikon Daerah

Pemkab Sukabumi Sukabumi Targetkan Ikon Koi Jadi Ikon Daerah
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami usai menghadiri kontes All Indonesia Breeder KOI Show Tahun 2022 di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi, Sabtu, 19 November 2022

SUKABUMIKU.id – Pemerintah Kabupaten Sukabumi terus mendorong pengembangan budidaya ikan koi di wilayahnya. Apalagi, Pemkab Sukabumi menargetkan ikan koi sebagai salah satu ikon daerah.


“Kita sedari awal sudah memberikan ruang bagi pengembangan ikan koi. Sehingga koi bisa menjadi ikon di Kabupaten Sukabumi, selain sidat,” ujar Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami usai menghadiri kontes All Indonesia Breeder KOI Show Tahun 2022 di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi, Sabtu, 19 November 2022.


Apalagi, Kabupaten Sukabumi memiliki karakter koi yang khas seperti koi kumpay dan koromo.
“Paling umum koi kumpay yang khas di Sukabumi,” ucapnya

Maka dari itu, H. Marwan bersyukur adanya event ini. Kegiatan tersebut dapat mendorong bergeliatnya pembudidaya ikan koi.

BACA JUGA ; Bupati Sukabumi “Aparatur Harus Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat”

“Pembudidaya ikan koi dapat mengekpos hasilnya. Bahkan di kegiatan ini ada kurang lebih 1600 koi hasil budidaya,” ucapnya.

Dirinya berharap, kegiatan ini menjadi pemicu semangat para pembudidaya ikan koi di Sukabumi. Sementara Pemda Kabupaten Sukabumi dapat mendorong melalui kebijakan.

“Kami pun sedang mengkaji tempat yang reprsentatif untuk tempat budidaya, edukasi, dan workshop pembudidaya koi. Sehingga, bisa lebih mengembangkan koi dan ikan lainnya di Kabupaten Sukabumi,” ungkapnya.

Ketua Sukabumi Bersatu KOI Club (SBKC) Iwan Hamid mengatakan, kegiatan ini menjadi ajang kontes koi seluruh Indonesia. Apalagi dalam ajang yang dilaksanakan saat ini, dikhususkan koi lokal.

“Ini momentum awal dari Sukabumi untuk pengembangan koi yang lebih bagus lagi,” bebernya.
Dalam kontes tersebut, terdapat 1.517 ikan koi lokal. Ikan tersebut berukuran dari 12-60 cm lebih.

“Jurinya pun dari berbagai negara. Mulai dari Eropa, Jepang, Thailand, dan juri berpengalaman di Indonesia. Semoga lewat kegiatan ini, memunculkan kembali nama besar Sukabumi sebagai pembudidaya ikan koi berkualitas,” harapnya.

Dalam kegiatan tersebut, dilaksanakan lelang ikan koi dari berbagai jenis dan ukuran. Bahkan, Bupati Sukabumi pun mengikuti lelang tersebut dan mendapatkan dua jenis ikan untuk pembibitan. (HMS Kab Sukabumi)

Pemkab Sukabumi Sukabumi Targetkan Ikon Koi Jadi Ikon Daerah
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami usai menghadiri kontes All Indonesia Breeder KOI Show Tahun 2022 di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi, Sabtu, 19 November 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *