10 Tempat Destinasi Wisata di Kota Sukabumi, Recommended Banget

SUKABUMIKU.id – Kota Sukabumi sebagai Kota penyangga dan transit ternyata memiliki 10 destinasi wisata unggulan yang tidak kalah dengan wilayah kabupaten.

Kepala Bidang Pariwisata di Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kota Sukabumi Caesar Anwar mengatakan, bahwa pasca pandemi ini Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Pariwisata tengah gencar melakukan penataan.

“Sebetulnya kalau berbicara wisata itu luas cakupannnya, hanya saat ini kami mendorong para pelaku pariwisata untuk kembali bangkit setelah beberapa tahun mati suri. Dan ada 10 obyek destinasi wisata yang fokus kami dorong saat ini, tapi bukan berarti yang lain kami tidak bantu,” ungkapnya.

BACA JUGA: https://sukabumiku.id/9-tempat-wisata-sukabumi-terindah/

Cesar juga mengatakan bahwa Kota Sukabumi sangat kaya dengan jajanan dan kuliner yang khas, serta kerajinan dan budaya. Sehingga antara Budaya, destinasi Wisata serta Kuliner dan UKM dapat saling mengisi.

“Sementara untuk kuliner dan makanan khas mereka sudah dapat melakukan promosi mandiri, dan geliatnya saya lihat sudah cukup bagus. saya yakin akan berkembang di pasca pandemi ini,” pungkasnya.

Berikut 10 Destianasi Wisata di Kota Sukabumi :

  1. Pemandian Air Panas Cikundul

Wisata Cikundul Sukabumi atau Pemandian Air Panas Cikundul Tirta Daya Budi merupakan objek wisata yang sangat terkenal dengan kolam air panas alami, lokasinya berada di samping sungai Cimandiri, tepatnya di Kelurahan Cikundul, Kota Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

  1. Odeon Kampung Naga

Berada di Jalan Tarate, Odeon, Kecamatan Nyomplong. Odeon kampung naga merupakan destinasi wisata Tematik khas pecinan. Dalam beberapa perayaan keagamaan dan hari besar, di kampung naga ini sering ditampilkan pagelaran seni budaya, seperti barongsay dan kesenian tradisonal kebudayaan China. Selain itu bangunan vihara widhi sakti yang menjadi ciri khas kampung naga ini, serta terdapat satu buah museum tionghoa, dan beberapa spot bangunan dan gang khas pecinan.

  1. Museum Hakka / Tionghoa

Museum ini disebut-sebut merupakan ikon kebersamaan dan simbol akulturasi budaya yang ada di Kota Sukabumi. Bertempat di jalan odeon Kecamatan Nyomplong, di museum ini terdapat ratusan koleksi perkakas dan barang antik suku Tionghoa mulai dari barang keseharian hingga alat transportasi jaman dulu.

  1. Museum pegadaian

Museum Gedung Pegadaian di Kota Sukabumi ini merupakan museum pertama yang ada di Indonesia. Museum ini berdiri pada tahun 1901. Dan didalam rumah bergaya khas Belanda ini terdapat koleksi barang antik seputar kegiatan gadai seperti timbangan, alat hitung, alat ketik, dan surat-surat gadai. Tak hanya arsip dan barang gadai dari sukabumi saja, dalam museum ini juga menyimpan barang dan arsip Gadai seluruh Indonesia. Museum Pegadaian terletak di Jalan Pelabuhan II Citamiang, Kota Sukabumi, dan bersebelahan dengan kantor Pegadaian Sukabumi yang masih beroperasi.

  1. Museum Prabu Siliwangi

Berlokasi di Lingkungan Pondok Pesantren dan Dzikir Al Fath, tepatnya berada di Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Di dalamnya terdapat beberapa benda pusaka seperti naskah kuno, batu prasasti, gambar, patung, serta pusaka-pusaka peninggalan Prabu Siliwangi dan Kerajaannya. Serta warisan budaya tak benda yang dimiliki Museum Prabu Siliwangi yaitu kebudayaan pencak silat, boles (bola api), ‘ngagotong lisung’ (menggotong lisung).

  1. Wisata Religi Kaligrafi

Wisata Religi ini berada di Pondok Pesantren (Ponpes) Alquran Lembaga Kaligrafi (Lemka) di Kelurahan Karamat, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Pesantren ini telah melahirkan ribuan puluh santri dari seluruh Indonesia dan merupakan cikal bakal pesantren kaligrafi pertama di Indonesia. Ponpes ini menjadi pesantren pertama di Indonesia yang mengelola pendidikan dan latihan di bidang seni kaligrafi.

  1. Santa Sea Waterpark

SantaSea Waterpark Sukabumi, merupakan destinasi wisata dan tempat berenang terbesar di kota Sukabumi. Kapal Bajak Laut merupakan ikon dari tempat ini, serta memiliki fasilitas dan wahana air yang lengkap, tak heran jika Santa Sea selalu padat dengan pengunjung. Terlebih di waktu libur, wisatawan dalam dan luar kota ramai mengunjungi taman wisata bertemakan permainan air ini. Lokasi Santa Sea sendiri cukup strategis, karena tepat berada di belakang Terminal Kota Sukabumi.

  1. Villa Cantik

Villa Aku Cantik ini memiliki pemandangan yang masih asri dan alami ini. Berlokasi di Jalan Caringin Ngumbang, Kampung Sawah Bera RT 03 RW02, Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, selain pemandangan alam dan kolam renang, tempat ini menyediakan jasa outbond untuk semua kalangan serta berbagai arena permainan seperti panahan, paintball dan tubing.

  1. Kolam Renang Pilar Mas

Terletak di jembatan merah jalan raya Baros Kecamatan Baros. Dari segi fasilitas, kolam renang yang berdiri diatas lahan seluas 600 meter ini terbilang lengkap. Karena selain kolam renang untuk anak dan dewasa, juga menyediakan fasilitas hiburan dan restoran untuk para pengunjung.

  1. Taman Rekreasi Olahraga Kenari (TROK)

Dahulu tempat ini bernama Kolam renang Rengganis, hingga di tahun 2022 ini, kolam renang yang sudah melegenda ini di kelola oleh Pemerintah Kota Sukabumi. Dan saat ini pemkot sedang berbenah dan akan membangun kolam renang yang berada di jalan Kenari, Kelurahan Selabatu. Kedepan Trok ini akan berkonsep multi guna. Yang dilengkapi dengan pusat jajanan kuliner, area renang, permainan anak, dan diharapkan menjadi sport center di Kota Sukabumi. (Ky/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *