Di Sukabumi, Bantuan Sembako Rp.600 ribu Bebas Dibelikan Dimana Saja

Bantuan Sembako
Penerika Bantuan Sembako tunai. Foto:istimewa

SUKABUMIKU.id– Bantuan sembako di Sukabumi senilai Rp. 600 ribu rupiah selama 3 bulan yang diterima oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bebas dibelanjakan di warung terdekat ataupun pasar tradisional. Hal tersebut tertuang dalam petunjuk teknis penyaluran bantuan program sembako melalui pos penyaluran 2021 yang dikeluarkan oleh Kemensos.

” Iya saat ini sudah ada Juknisnya dari Kemensos, intinya bileh dibelanjakan dimana saja, asal yang terdekat tidak menambah beban masyarakat seperti harus naek motor atau angkot,” ujar Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial pada Dinas Sosial Kota Sukabumi Ageng Basuki.

Hanya saja, KPM harus membelanjakan sesuai peruntukannya yakni bahan pangan yang mengandung Karbohidrat, protein hewani, nabati atau vitamin dan mineral. Hal tersebut agar bantuan tersebut masyarakat menjadi sehat tidak terjadi stunting dan kerawanan pangan.

” Dikarenakan juknis itu turunnya ke Dinsos Kota itu tanggal 25 Februari, sementara penyaluran itu sudah mulai pada 20 Februari maka terjadi kesimpang siuran. Sehingga kemarin itu menggunakan Juknis yang sebelumnya,” katanya.

Tupoksi Dinsos sebagai tim koordinasi kata Ageng hanya melakukan monitoring saja dilapangan. Juga mengedukasi dan menghimbau masyarakat agar bantuan tersebut harus dibelikan sembako.

” Untuk penyalurannya teknis sendiri ada di Kantor Pos, itu bukan ranah kami. Kami hanya memonitoring apakah uang itu sampai ke masyarakat, atau kalau tidak tersalurkan berapa banyak dan mengapa bisa terjadi,” jelasnya.

Begitupun dengan jumlah penerima manfaat kata Ageng Kemensos langsung memberikan data kepada Kantor Pos. Pihaknya juga harus menanyakan kembali ke kantor pos karena yang berwenang dan mengetahui jumlah kantor pos.

” Namanya transisi, perlu persiapan yang matang sehingga tidak bergejolak,” katanya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.