Ketua JQR Sukabumi Ajak Masyarakat Ikuti Perlombaan Penyelamatan di Sungai

Ilustrasi arung jeram di sungai. Foto : Istimewa

SUKABUMIKU.id – Ketua Jabar Quick Respon (JQR) Sukabumi, mengajak potensi SAR Sukabumi untuk mengikuti perlombaan penyelamatan di sungai yang bertajuk “JQR River Rescue Challenge”.

Ketua JQR Sukabumi, Risris Rizal Ali Perkasa, mengatakan, masyarakat wajib mengikuti kegiatan ini. Pasalnya, selain sebagai ajang silaturahmi antar potensi SAR, perlombaan ini bisa meningkatkan keterampilan dalam penyelamatan diri sendiri maupun terhadap korban-korban bencana.

“Kegiatan arung jeram yg menitikberatkan pada keselamatan diri, juga penyelamatan terhadap korban – korban di titik bencana Atau kecelakaan. Jadi, selain ketahanan, ketangkasan ada hal lain yang diperhatikan, adalah keterampilan rescue management karena kerja tim,” ujarnya.

Apalagi Ris Ris menilai di Sukabumi banyak lokasi sungai yang berpotensi bencana. Untuk itu, perlombaan ini sangat penting untuk melatih ketangkasan masyarakat saat kondisi bencana.

“Banyak sungai yang rawan dan terjadi bencana. Maka, kompetisi ini bermanfaat banget selain olah raga ada sisi kerelawanan dan kemanusiaan,” paparnya.

Diketahui, perlombaan yang di gelar oleh Jabar Quick Respon ini, rencananya akan digelar pada 29 September – 2 Oktober 2022 di sungai Cimanuk, Kabupaten Garut.

Ada beberapa kategori lomba yang akan diadakan, diantaranya Flip Boat Challenge, River Rescue Operation Challenge, Z-Drag River Rescue System Challenge.

Kemudian untuk masyarakat yang akan mengikuti bisa langsung menghubungi di nomor 082118118944 (Selpi Putri Firdayanti). (Ky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.