Pembebasan Lahan Tol Bocimi di Wilayah Cibeureum Kota Sukabumi Cair, Ini Besarannya

SUKABUMIKU.id — Pembangunan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) nampaknya terus berprogres. Di tahun ini, Pemerintah pusat menyediakan anggaran sebesar Rp 41.6 Miliar untuk pembebasan lahan di wilayah Kelurahan Babakan Kecamatan Cibeureum Kota Sukabumi.

” Ya karena di tahun 2022 lalu terkendala anggaran, jadi pembayaran ganti rugi akan dilakukan di Desember 2022 ini,” ujar Kepala BPN Kota Sukabumi Sitti Hafsiah, Rabu (12/10/2022).

Pembebasan lahan Tol Bocimi sesi empat yakni wilayah Kecamatan Cibeureum seluas 2.2 hektare dengan 30 bidang tanah ini akan dibayarkan sebesar Rp 41.6 Miliar. Pihaknya sejak 2020 lalu melakukan identifikasi dan inventarisasi terhadap lahan yang hendak dilakukan pembebasan.

BACA JUGA: https://sukabumiku.id/pelaku-pembacokan-pelajar-hingga-tewas-di-sukabumi-ditangkap/

Sitti menjelaskan, hasil musyawarah antar BPN dengan pemilik lahan yang terdampak proses pembangunan tol disepakati bentuk ganti rugi berupa uang.

“Sebelumnya, kami menawarkan beberapa bentuk ganti rugi. Seperti, pergantian tanah, uang hingga saham. Tetapi, sesuai kesepatan ganti rugi diberikan uang tunai,” jelasnya.

Menurutnya, selama proses pembebasan lahan untuk pembangunan Tol Bocimi seksi empat dari Sukabumi Barat-Sukabumi Timur tersebut, BPN tidak menemukan kendala yang dapat menghambat proses pembebasan.

“Alhamdulillah pembebasan lahan di Kota Sukabumi tidak ada tanah sengketa sehingga dapat berjalan lancar. Saat ini hanya tinggal pembayaran uang ganti rugi saja,” cetusnya.

Pihaknya berharap, poses pembanyaran ganti rugi dapat rampung pada Desember mendatang. Pasalnya, jika kembali mundur maka besar kemungkinan harga tanah kembali melonjak.

“Ya, kalau tidak diselesaikan tahun ini kemungkinan harga tanah naik. Jadi kami harap bisa diselesaikan sesuai rencana,” pungkasnya. (Ky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *